Belalang Goreng, Kuliner Ekstrim yang Kaya Akan Protein

Kalian pernah mencicipi belalang goreng? Seperti namanya, belalang goreng merupakan belalang yang digoreng. Makanan satu ini memang terdengar asing bahkan bikin begidik. Namun jangan salah, belalang goreng sangatlah enak dan kaya akan protein.

Belalang goreng kini menjadi makanan khas daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain tinggi kadar protein, belalang goreng juga mengandung vitamin A, B, B1, B2, B6, E, C dan berbagai jenis mineral seperti kalsium, magnesium, sodium, pottasium, zat besi, mangan, tembaga.

Banyak sekali yang berjualan belalang goreng di Gunung Kidul. Para penjual yang suka terhadap makanan khas daerahnya ini seharusnya diberi penghargaan karena berhasil melestarikan makanan khas ekstrim dan bahkan bisa membuatnya terkenal.

belalang gorenh

Diantara para penjual, berikut ini dipilih salah satu penjual yang sukses karena belalang gorengnya. Cerita lebih lanjut tentang penjual tersebut bisa dibaca di bawah ini.

Penjual belalang Goreng ini Bisa Umroh

Penjual belalang goreng yang dimaksud adalah Sukir dan Suliani. Mereka berdua adalah sepasang suami istri yang bisa berangkat umroh karena kesuksesan dari berjualan belalang goreng.

Mereka awalnya berjualan belalang goreng di pinggir jalan Yogyakarta-Wonosari.  Tepatnya di dekat taman hutan rakyat Teleseh, Playen. Sebelumnya Sukir hanyalah buruh serabutan yang tidak menentu penghasilannya. Namun karena idenya untuk menjual belalang goreng, dia menjadi sukses.

Awalnya Sukir menjual belalang goreng seperti penjual lainnya, yaitu dikemas di toples. Namun seiring berjalannya waktu, dia mendapatkan ide yaitu belalang langsung digoreng lalu dimasukkan dadakan dalam toples. Belalang goreng yang masih hangat ini ternyata banyak yang menyukai.

penjual belalang goreng umroh

Mulai dari saat itu pun Sukir selalu mendapat omset yang lumayan besar dari penjualan belalang goreng.  Nah sang anak pun mengembangkan bisnis orang tuanya dengan memasarkan belalang goreng lewat media sosial facebook, sehingga belalang goreng buatannya menjadi lebih laris, bahkan sampai ada pesanan dari Hongkong, Filipina,dan Malaysia.

Merasakan Sensasi Makan Belalang Goreng

Sebenarnya bagaimana sih rasa dari belalang goreng? Mengapa banyak yang menyukainya bahkan memesannya? Belalang goreng rasanya renyah tapi sedikit berat dan kesat dimulut. Jika Anda memakan sambil membayangkan bentuk belalang, tentu akan bisa membuat merinding dan berpikiran yang tidak-tidak. Jadi kalau bisa saat makan jangan sambil membayangkan.

Saya sendiri pernah memakannya. Saat makan tidak sambil membayangkan belalang, rasanya gurih seperti mengunyah kripik tapi teksturnya lebih renyah dan lebih berisi atau berat dimulut. Waktu itu baru ada rasa asin saja, jadi ya belalangnya cuma berasa asin dan gurih. Kini sudah ada pilihan rasa seperti pedas manis.

belalng goreng

Nah yang punya bakat alergi, cobain sedikit-sedikit dulu ya karena takutnya nanti alergi, bentol-bentol. Tidak semua orang cocok memakan belalang goreng. Bagi yang menyukai belalang goreng, makanan satu ini cukup membuat candu. Katanya ada sensasi tersendiri saat memakannya dan hal tersebut membuat ketagihan.

Gimana? Kalian jadi ingin merasakan sensasi memakan belalang bukan? Coba saja membeli belalang yang digoreng di tempat langsung karena rasanya lebih nikmat. Belalang juga mengandung banyak gizi jadi jangan khawatir. Beberapa ahli gizi  pun sebenarnya menyarankan agar dibuat olahan lain dari belalang seperti nugget, bakso, burger agar bagi yang tidak menyukai bentuk belalang tetap bisa mendapatkan gizi belalang yang memang sangat banyak.

Wah, jika hal tersebut benar-benar dilakukan, pasti akan menjadi hits ya… Karena di negara lain belum ada yang berinisiatif menjual makanan berbahan belalang seperti di Indonesia.

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •